Home | Jurnal Medan | Produksi Komoditas Utama Sumut Tumbuh Naik

Produksi Komoditas Utama Sumut Tumbuh Naik

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Utara mencatat, tingkat produksi komoditas utama di Sumut seperti bawang merah, cabai merah dan padi mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 48,56 persen, 30,76 persen dan 8 persen secara month to month.

Ketua Tim Ahli TPID Sumut, Difi Ahmad Johansyah mengatakan, sepanjang April 2014, daerah produsen bawang merah terbesar berada di Kabuaten Samosir dengan jumlah produksi 438 ton. Sedangkan daerah cabai merah terbesar berada di Kabupaten Batubara dengan jumlah produksinya 17,94 ribu ton. Sementara itu, daerah produsen padi terbesar berada di Kabupaten Simalungun dengan jumlah produksi 220,93 ton. Dengan mengacu pada data produksi komoditas tersebut, TPID Sumut selalu memantau perkembangan produksi komoditas guna menjaga pasokan serta menghindari kelangkaan pangan dan sayuran.

Difi juga mengatakan, bahwa Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) "Siharapanku" kini terus dikembangkan. Harapannya dapat menjadi acuan harga komoditas bagi masyarakat Sumut, khususnya menjelang bulan Ramadhan yang akan dimulai pada akhir Juni 2014. Dengan menggunakan "Siharapanku" masyarakat dapat memperoleh informasi harga komoditas terkini di pasar-pasar dengan mudah dan cepat, sehingga "siharapanku" diharapkan mampu menjadi soluasi untuk meminimalisir asimetri informasi harga komoditas yang berkembang di masyarakat yang pada akhirnya dapat mengendalikan ekspektasi inflasi di Sumut. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in