Home | Jurnal Medan | Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok Perlahan Naik

Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok Perlahan Naik

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di Kota Medan secara perlahan mulai beranjak naik. Sebelumnya daging sapi dan daging kambing, kini bawang putih. Perkilogramnya naik sekitar Rp.5 ribu dari harga sebelumnya.

Salah seorang pedagang di Pusat Pasar Medan, boru Manurung mengaku, kenaikan harga bawang putih sudah berlangsung sejak satu minggu ini. Kenaikannya diperkirakan karena kebutuhan masyarakat yang tinggi. Disebutkannya, harga bawang putih kulit ditingkat distributor saat ini perkilogramnya Rp. 16 ribu dari harga sebelumnya Rp. 10 ribu. Sementara bawang putih bersih kulit saat ini perkilogramnya Rp. 19 ribu. Sedangkan ditingkat pengecer, bawang putih perkilogramnya dikisaran harga Rp.20 ribu sampai Rp.21 ribu.

Para pedagang pun memprediksi, kenaikan harga yang terjadi saat ini, diperkirakan akan kembali mengalami kenaikan disaat mendekati Ramadhan nanti. Namun kenaikannya diperkirakan tidak begitu drastis dari harga yang saat ini. Boru Manurung juga mengatakan, bahwa bawang putih yang ia jual merupakan bawang lokal dari Jawa.

Disaat harga naik, permintaan dari masyarakat cenderung masing normal pada saat sekarang ini. Namun para pedagang berharap, agar di saat Ramadhan maupun Idul Fitri nanti, harganya harus tetap berada pada harga normal. Jangan sampai terlalu tinggi, dengan tetap menjaga pasokan tetap ada. Sebab bila sampai harganya tinggi, tingkat daya beli masyarakat cenderung menurun. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in