Home | Jurnal Medan | Sehari, 10 Ribu Bayi Lahir di Indonesia

Sehari, 10 Ribu Bayi Lahir di Indonesia

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mencatat, rata-rata kelahiran bayi dalam sehari mencapai 10 ribu di Indonesia. Tingginya laju angka kelahiran tersebut, menjadikan pertumbuhan penduduk sudah sampai pada titik mengkhawatirkan.

Kepala Seksi Advokasi, Komunikasi, Informasi dan Edukasi BKKBN Perwakilan Sumut, Anthony mengatakan, tingginya laju angka kelahiran tersebut, apabila tidak ditekan, maka pada tahun 2045, diperkirakan ada 9 miliar manusia di Bumi. Dimana 1 diantara persentase dari 20 manusia di dunia tersebut, adalah orang Indonesia.

Untuk itu, kalangan muda diminta untuk peduli dan peka akan masalah-masalah kependudukan, yakni dengan memahami pentingnya menunda usia pernikahan, berperilaku sehat seksualitas dan jauh dari pengaruh obat-obatan terlarang serta memiliki cita-cita mewujudkan keluarga bahagia sejahtera yang dapat menjadi model bagi lingkungan sekitarnya.

BKKBN menyebutkan, meski Indonesia berada pada peringkat ke-4 dalam skala kuantitas negara dengan penduduk terbanyak, namun hal ini tidak membanggakan karena berbanding terbalik dengan skala kualitas penduduk, yakni 123 dari 187 negara yang disurvey berdasarkan pada penilaian jangkauan pendidikan penduduknya. Rata-rata penduduk Indonesia, hanya mengecam 5,8 tahun selama masa hidupnya.

Untuk itu, diharapkan mahasiswa sudah harus peduli dan dapat menyumbang buah pikiran pada pemerintah terkait pengendalian masalah kependudukan. BKKBN Sumut sendiri saat ini sudah menggandeng 13 universitas di Medan untuk mendiskusikan masalah kependudukan. Harapannya, tingkat pemahaman tentang kependudukan dapat lebih luas. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in