Home | Jurnal Medan | Pemprovsu Tagih Komitmen Pemerintah Pusat Terkait Irigasi Wampu

Pemprovsu Tagih Komitmen Pemerintah Pusat Terkait Irigasi Wampu

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Dinas Pertanian Sumatera Utara akan membangun infstruktur jaringan irigasi terintegrasi, untuk menyelamatkan lahan pertanian di Kabupaten Langkat. Infrastruktur itu nantinya dapat mengairi sekitar 12 ribu hektare lahan pertanian. Namun realisasi pembangunannya belum dapat dilakukan karena tak kunjung terealisasinya anggaran dari pemerintah pusat.

Kasubbag Program Dinas Pertanian Sumatera Utara, Lusiantini mengatakan, studi kelayakan untuk proyek pembangunan infrastruktur tersebut sudah dilakukan. Bahkan desain untuk pembangunan irigasi juga sudah disampaikan ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Namun hingga saat ini belum ada jawaban terkait kepastian kapan dana pembangunan akan direalisasikan. Padahal alih fungsi lahan pertanian terus terjadi di wilayah langkat. Bahkan laju alih fungsi telah mencapai 2 persen per tahun.

Terhambatnya proses pembangunan jaringan integrasi di Kabupaten Langkat, diakui Lusiantini akan berdampak pada ketersediaan bahan pangan di Sumatera Utara. Termaksud pula menghambat program pencetakkan sawah yang kini tengah digiatkan pemerintah. Ketiadaan irigasi ini juga membuat program perlindungan lahan pertanian abadi menjadi sulit diterapkan. Karena pemerintah tak juga mungkin memaksa petani tetap menanam tanaman pangan, khususnya beras jika pemerintah tak mampu menyediakan pengairan yang cukup untuk lahan pertanian pangan tersebut. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in