Home | Jurnal Medan | Harga CPO Kian Cerah

Harga CPO Kian Cerah

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) yang kian cerah akhir-akhir ini karena kondisi perekonomian global yang berangsur membaik, mendorong kinerja ekspor CPO Sumatera Utara (Sumut) untuk bergerak naik. Dimana pada periode Januari-April 2014, nilai ekspor CPO naik 11,11 persen dibanding priode yang sama tahun lalu.

Kasi Ekspor Pertanian dan Pertambangan, Fitra Kurnia mengatakan, berdasarkan data Surat Keterangan Asal (SKA) Desperindag Sumut, nilai ekspor CPO mencapai 1,141 miliar dollar amerika, dengan volume 1,506 juta ton di Januari-April 2014. Sedangkan pada priode yang sama di 2013, nilai ekspor men capai 1,027 miliar dollar amerika, dengan volume 1,508 juta ton. Untuk realisasi ekspor di April 2014, nilainya mencapai 337,632 juta dollar amerika dengan volume 428,508 ribu ton. Sementara di April 2013 hanya mencapai 225,126 juta dollar amerika dengan volume 350,132 ribu ton.

Di lihat dari periodikal, kinerja ekspor CPO Sumut secara nilai mengalami kenaikan harga, namun secara volume justru turun bila dibanding tahun sebelumnya derngan periode yang sama. Hal itu dipengaruhi oleh permintaan pasar yang meningkat, khususnya untuk kebutuhan biodiesel dan minyak bumi yang terus terdongkrak dalam beberapa bulan terakhir, tapi tak disertai dengan pasokan CPO dalam negeri yang tercukupi.

Disebutkan Fitra, harga CPO saat ini untuk di pasar lokal dikisaran Rp.9.000 per kg. Sejumlah negara yang menjadi pasar utama CPO Sumut adalah Pakistan, India, Tiongkok, Spanyol, Italia dan negara-negara Amerika dan Eropa lainnya. Produksi CPO Sumut sendiri banyak dipasok dari daerah Rantau Prapat, Tapanuli Selatan, Madina, Langkat. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in