Home | Jurnal Medan | Dompet Dhuafa Kucurkan Dana Rp.500 Juta ke Tanah Karo

Dompet Dhuafa Kucurkan Dana Rp.500 Juta ke Tanah Karo

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa Waspada akan mengucurkan dana sebesar Rp.500 juta untuk merecovery perekonomian di wilayah gunung Sinabung Tanah Karo pasca bencana erupsi. Dengan tema Indonesia Move On di 2014, diharapkan sendi-sendi perekonomian warga dapat pulih kembali.

General Manager (GM) Program Ekonomi Dompet Duafa, Tendy Satrio, Armansyah mengatakan, melalui tema Indonesia Move On, Dompet Dhuafa mengajak masyarakat dari yang tidak mandiri menjadi masyarakat yang jauh lebih baik. Dimana salah satu program yang dijalankan ialah memberdayakan masyarakat pasca bencana di wilayah Indonesia.

Secara nasional, program Indonesia Move On sudah berjalan di Manado dan Kelud, kemudian Tanah Karo, Sumatera Utara. Di tanah Karo, lewat program "Sinabung Bangkit" dengan lebih menitikberatkan kepada petani. Sebab setelah bencana Sinabung, tanaman petani mengalami kerusakan cukup serius. Untuk itu, dana sekitar Rp. 500 juta akan dikucurkan dalam bentuk menyewakan lahan, pembagian bibit dan pendampingan, untuk proses recovery petani.

Dompet Dhuafa berharap, bantuan yang diberikan tersebut dapat memulihkan sendi-sendi perekonomian warga terutama pertanian yang hancur akibat abu vulkanik. Program ini sendiri, ada sekitar 55 kepala keluarga yang akan menjadi penerima manfaat. Dimana akan dibagi menjadi lima kelompok untuk menggarap tanah sewaan seluas 15 hektar di Desa Gong Pinto Kecamatan Naman Terang, Karo. Selain bidang ekonomi, Dompet Dhuafa juga membuat program psikososial yang ditujukan kepada anak-anak yang trauma atas pasca bencana gunung Sinabung kemarin. Dan dananya sekitar Rp300 juta dan sudah berjalan hingga saat ini. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in