Home | Jurnal Medan | Soal Galian C, Pemerintah Diminta Cari Solusi Alternatif

Soal Galian C, Pemerintah Diminta Cari Solusi Alternatif

By
Font size: Decrease font Enlarge font

DPRD Sumatera meminta Pemerintah di Sumatera Utara untuk mengambil kebijakan yang jelas terkait pertambangan tanah dan batuan – Galian C ilegal di sejumlah daerah di Sumut. Langkah yang diambil bisa merupakan langkah tegas dengan mengedepankan pendekatan hukum normatif, maupun langkah alternatif yang kompromis.

Anggota Komisi Pertanahan dan Politik DPRD Sumatera Utara, Janter Sirait mengatakan, masyarakat sejatinya membutuhkan kepastian terkait pertambangan ilegal tersebut. Karena selama ini ketiadaan kepastian membuat masyarakat menjadi pihak yang terprovokasi di lapisan bawah. Menurut Janter, pemerintah sejatinya bisa saja melegalkan operasional Galian C itu. Namun perlu dibuat aturan yang jelas dan pasti, agar hak-hak masyarakat tidak kemudian dilanggar dengan keberadaan Galian C itu.

Janter menegaskan, kebutuhan akan Galian C tak bisa dielakkan seiring dengan tengah digiatkannya pembangunan infrastruktur baik oleh pemeirntah maupun masyarakat. Namun kebutuhan itu tidak pula kemudian mengamputasi hak masyarakat untuk hidup sehat dan sejahtera. Untuk diketahui, persoalan Galian C mencuat menjadi salah satu persoalan utama di sejumlah wilayah di Sumatera Utara, setelah sejumlah wilayah diketahui mengalami kerusakan lingkungan akibat operasional pertambangan Galian C tersebut. Bahkan bencana berulang kali terjadi akibat operasional Galian C tersebut.

Di Sumatera Utara, diperkirakan ada ratusan pertambangan Galian C illegal. Dimana yang terbesar terjadi di Kabupaten Deli Serdang. Di wilayah tersebut, dari sekitar 80 lokasi pertambangan Galian C, hanya 14 diantaranya yang memiliki izin. Keberadaan pertambangan Galian C ini sendiri sulit diterbitkan, akibat dibekingi sejumlah oknum TNI. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in