Home | Jurnal Medan | Realisasi Investasi Sumut di Triwulan I Menurun

Realisasi Investasi Sumut di Triwulan I Menurun

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Penanaman Modal dan Promosi Sumut mencatat, realisasi investasi di Sumatera Utara pada triwulan I 2014 mengalami penurunan hampir 50 persen bila dibandingkan tahun sebelumnya dengan periode yang sama. Penurunan tersebut diduga karena adanya pesta politik, Pemilihan Presiden (Pilpres), sehingga banyak investor yang menahan dana investasinya.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Sumut, Purnama Dewi mengatakan, pada triwulan pertama tahun ini, nilai realisasi investasi yang tercapai hanya sebesar Rp 1,845 miliar, sementara tahun lalu dengan periode yang sama mencapai Rp 3,673 miliar. Dari nilai tersebut, sekitar Rp 1,286 miliar disumbang oleh Penanaman Modal Asing (PMA), sisanya Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sekitar Rp 559 juta.

Sementara itu, Dewi mengaku, meski angka investasi di triwulan I tidak begitu menggembirakan, namun hal itu lantas tak membuat BPMP pesimis untuk mencapai nilai target investasi di 2014 sebesar Rp.13,1 triliun di provinsi ini. Mengingat Sumut merupakan daerah dengan lokasi yang strategis, serta memiliki kekayaan alam yang sangat menarik perhatian para investor. Selain itu, Sumatera Utara berhadapan langsung dengan Selat Malaka, serta memiliki pelabuhan Kuala Tanjung dengan taraf Internasional yang akan melayani arus kapal pelayaran menuju Eropa dan AS, karena kondisi pelabuhan di Singapura dan Belawan sudah. Tercatat, nilai realisasi investasi di Sumut pada tahun lalu mencapai Rp 13,586 triliun, dari nilai target hanya Rp 9 juta. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in