Home | Jurnal Medan | Bea Cukai Kualanamu Amankan Sabu Bernilai Rp1 M

Bea Cukai Kualanamu Amankan Sabu Bernilai Rp1 M

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Medan, amankan seorang warga negara asing berkebangsaan Thailand, TP (27) karena kedapatan membawa sabu-sabu golongan I sebanyak 579,6 gram di terminal kedatangan luar negeri Bandar Udara Internasional Kualanamu.

Kepala Bidang Penindakan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Medan, Imron mengatakan, pengungkapan upaya penyeludupan narkotika golongan I ini, bermula dari kecurigaan petugas terhadap tersangka yang baru turun dari pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ-123. Ketika melintas di alat pemantau barang terlarang, petugas menemukan barang mencurigakan berbentuk kristal bening di bahagian kemaluan tersangka. Untuk penyidikan, tersangka TP langsung diamankan dan dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh bahagian tubuhnya, dan menemukan sedikitnya 579,6 gram narkotika golongan I jenis Methamphetamine.

Dalam pemeriksaan secara serius oleh petugas CNT, kembali ditemukan narkotika yang disembunyikan didalam sol sepatu tersangka. Lebih jauh dikatakannya, ketika dilakukan pemeriksaan di Laboratorium Balai Pengujian dan Identifikasi Barang, barang mencurigakan itu positif narkotika golongam I. Imron, menjelaskan dari pemeriksaan lebih lanjut, narkotika itu dibawanya melalui Negara Malaysia rute Kuala Lumpur-Medan, dan mendarat di Terminal Bandara Kuala Namu International Airport.

Dari perhitungan sementara, nilai narkotika ini jika berhasil di edarkan di Indonesia sebesar Rp. 1,159 miliar. Akibat perbuatannya, tersangka diancam melanggar undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika tanggal 12 Oktober 2009, pasal 113 ayat 1 dan 2 Undang-Undang tentang narkotika dengan ancaman hukuman paling lama 15 tahun penjara, dan denda paling banyak Rp. 10 miliar. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in