Home | Jurnal Medan | Kunjungan Wisatawan Malaysia ke Sumut Turun 3 Persen

Kunjungan Wisatawan Malaysia ke Sumut Turun 3 Persen

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Jumlah kunjungan wisatawan asal Malaysia ke Sumatera Utara pada Maret 2014 lalu mencapai 11.300 orang lebih. Jumlah itu menurun sekitar 2,6 persen terhadap jumlah kunjungan tahun lalu, yang telah mencapai hampir 11.600 orang. Jumlah itu juga jauh lebih rendah jika dibandingkan Februari 2014, yang telah mencapai hampir 12.800 orang.

Kepala Badan Pusat Statistik Sumatera Utara, Wien Kusdiatmono mengatakan, penurun terhadap kunjungan wisatawan asal Malaysia ini berdampak besar terhadap total kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumut. Pasalnya Malaysia berperan sekitar 53 persen terhadap total kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumut, yang pada Maret lalu mencapai hampir 21.400 orang.

Meski mengalami penurunan, jumlah kunjungan wisatawan asal Malaysia ke Sumatera Utara hingga Maret 2014 lalu masih tumbuh lebih dari 13 persen dibandingkan periode Januari-Maret 2013. Dimana pada Januari-Maret 2014 jumlah kunjungan asal Malaysia telah mencapai 37.200 orang, sementara pada Januari-Maret 2013 jumlahnya hanya sekitar 32.900 orang.

Selain Malaysia, negara asal wisatawan utama Sumatera Utara lainnya yang juga mengalami penurunan kunjungan adalah China, Amerika Serikat dan Jerman. Bahkan penurunan yang terjadi terbilang cukup besar. Jika dibandingkan Maret 2013, jumlah kunjungan wisatawan asal China turun lebih dari 43 persen. Sementara Amerika serikat dan Jerman masing-masing di kisaran 20 persen. Namun karena perannya terhadap jumlah total kunjungan wisatawan ke Sumut masih di bawah 3 persen, penurunan yang cukup besar dari ketiga negara tersebut, tidak berdampak terlalu luas terhadap kegiatan kepariwisataan di Sumut. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in