Home | Jurnal Medan | Angka Kematian Akibat Penyakit Tidak Menular Terus Meningkat

Angka Kematian Akibat Penyakit Tidak Menular Terus Meningkat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Survei Kesehatan Rumah Tangga dan Riset Kesehatan Dasar mencatat, bahwa angka kematian akibat penyakit tidak menular di Indonesia semakin meningkat. Dimana tercatat, dari 49,9 persen di tahun 2001 menjadi 59,5 persen di tahun 2007. Beberapa penyakit tidak menular dan persentase penyebab kematian antara lain hipertensi sebesar 31,7 persen, penyakit jantung 7,2 persen, kanker/tumor 4,3 persen dan diabates melitus 1,1 persen.

Head of Marketing Communication Nutrifood, Angelique DP mengatakan, tingkat prevelensi beberapa penyakit tidak menular di Medan lebih tinggi dibandingkan prevelensi PTM nasional, antara lain hipertensi 28,1 persen dibandingkan nasional 24,7 persen, diabetes mellitus 2,9 persen dibandingkan nasional 2,3 persen. Tingkat prevalensi kanker dan gagal jantung Kota Medan sama besar dengan prevalensi nasional yakni 0,1 persen untuk kanker dan 0,3 persen untuk gagal jantung.

Bahkan beberapa kota/kabupaten memiliki tingkat prevalensi lebih tinggi dibandingkan prevalensi nasional dan Kota Medan seperti Kota Gunung Sitoli dan Tapanuli Tengah. Umumnya penyakit tersebut terkait dengan konsumsi gula, garam dan lemak berlebih. Melihat kondisi tersebut, Kementerian RI dan Badan POM bekejasama dengan Nutrifood mengadakan edukasi "Cermati konsumsi gula, garam, lemak dan baca label kemasan makanan.

Tingkat konsumsi gula, garam dan lemak berlebih masyarakat Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Sebanyak 26,2 persen penduduk Indonesia mengkonsumsi garam berlebih, naik dari tahun 2009 yakni 24,5 persen dan lemak berlebih 40,7 persen naik dari tahun 2009 yakni 12,8 persen. Oleh karena itu, untuk mengurangi peningkatan angka prevalensi penyakit tidak menular, edukasi mengenai diet dan gizi seimbang, termaksud di dalamnya mengenai pengaturan konsumsi gula, garam, lemak, dan baca label makanan penting dilakukan. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in