Home | Jurnal Medan | Industri Kimia dan Makanan Tumbuh Paling Pesat di Sumut

Industri Kimia dan Makanan Tumbuh Paling Pesat di Sumut

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pertumbuhan kelas menengah di Indonesia yang masih sangat tinggi, membuat kegiatan produksi di industri berbasis konsumsi melaju pesat. Bahkan produksi kedua sektor industri itu mengalami peningkatan kinerja hingga 11 persen, dan menjadi sektor industri dengan pertumbuhan produksi paling tinggi di Sumatera Utara.

Kepala BPS Sumut ,Wien Kusdiatmono mengatakan, produksi industri kimia di triwulan I-2014 tumbuh 10,59 persen dibandingkan triwulan I-2013 lalu. Begitupula jika dibandingkan dengan triwulan IV-2014, produksi sektor industri kimia ini juga meningkat hampir 6 persen. Sementara untuk sektor industri makanan, di triwulan I-2014 ini tumbuh sekitar 10,55 persen. Namun jika dibandingkan dengan triwulan IV-2013 lalu, produksi sektor industri ini masih belum maksimal. Karena total produsi sektor makanan di triwulan I-2014 ini melambat lebih dari 4 persen dibandingkan triwulan IV-2014 yang telah mencapai hampir 6 persen.

Meski demikian, Wien mengaku produksi sektor industri manufaktur di Sumatera Utara masih lebih baik dibandingkan Nasional. Dimana pada triwulan I-2014, pertumbuhan industri manufakture besar dan sedang di rata-rata nasional masih di bawah 4 persen. Secara triwulanan pun produksi industri di triwulan I-2014, lebih rendah 0,02 persen dibandingkan triwulan IV-2013 lalu.

Selain industri kimia dan industri makanan, sejumlah sektor industri besar dan sedang lainnya juga mengalami pertumbuhan, yakni sektor industri kayu, barang dari kayu, bambu dan rotan yang naik lebih dari 4 persen. Lalu sektor industri logam dasar yang juga naik hampir 2 persen. Sementara sektor industri besar dan sedang yang mengalami penurunan, adalah sekor industri kertas, yang produksinya menurun lebih dari 3 persen, serta sektor industri karet dan barang dari karet yang produksinya turun tipis 0,12 persen dibandingkan triwulan I-2013 lalu. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in