Home | Jurnal Medan | India Anggap Indonesia Sebagai Negara Penting

India Anggap Indonesia Sebagai Negara Penting

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah India, menganggap Indonesia sebagai negara yang sangat penting. Sebab dari total hubungan investasi di negara-negara ASEAN yang mencapai US$ 60-70 miliar pertahun, sekitar 20 miliar dollar amerika diantaranya berada di Indonesia.

Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh mengatakan, Indonesia sangat penting bagi India, sebab porsi terbesar investasi adalah di Indonesia dibanding dengan negara ASEAN lainnya. Diantara Provinsi yang ada di Indonesia, Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang masuk dalam kategori penting bagi Pemerintah India. Hal itu karena provinsi ini memiliki sumber daya alam yang berlimpah, terutama untuk komoditas sawit, minyak nabati juga rempah-rempah.

Meski sempat mengalami penurunan volume ekspor CPO di tahun 2013 karena melambatnya ekonomi India akibat krisis global, namun diyakini tahun 2014 India akan berubah menjadi pasar ekspor CPO terbesar Sumut selain China dan Eropa. Selain bidang perdagangan itu, para investor India menurut Gurjit Singh sangat berminat bekerjasama di sektor pariwisata, infrastuktur, dan bidang kesehatan terutama alat-alat kedokteran serta rumah sakit. Gurjit juga menyebutkan, bahwa nilai ekspor Indonesia ke India pertahunnya sepanjang tahun 2013 mencapai sekitar US$ 15 miliar. Sedangkan nilai impor India ke Indonesia pertahunnya hanya 5 miliar US$.

Untuk investasi di Indonesia, India paling besar menyeser ke sektor industri tekstil dan pertambangan. Dan Pemerintah India sendiri mengaku terus berusaha sekuat mungkin untuk meningkatkan kerjasama dengan pemerintah Indonesia. India, lewat forum bisnisnya pada tahun ini akan fokus pada empat bidang kerjasama, yakni terkait dengan infrastruktur (terutama berhubungan listrik), agro industru, pabrik atau pengembangan usaha UKM, dan logistik. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in