Home | Jurnal Medan | PLN Diduga Markup Uang Ganti Rugi Proyek PLTU Binjai - Pangkalan Susu

PLN Diduga Markup Uang Ganti Rugi Proyek PLTU Binjai - Pangkalan Susu

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Sebanyak 1.162 kepala keluarga (KK) di 7 kecamatan di Binjai Barat serta Pangkalan Susu yang meliputi Kecamatan Binjai Utara, Stabat, Padang Tualang, Gebang, Bandar Barat, Babalan dan Pangkalan Susu mengaku dirugikan oleh pihak PT PLN. Sebab nilai ganti rugi tanah mereka yang dibeli oleh PLN untuk proyek pembangunan PLTU PLN Gardu Induk seluas 26 x 70 kilometer untuk 214 tower, disunat sebesar 40 persen dari total luas tanah permasing-masing kepala keluarga.

Koordinator warga sekaligus pemilik lahan, Suhaimi Akbar di Medan mengatakan, terkait dengan ganti rugi tersebut, warga melihat indikasi persekongkolan yang tidak baik dan sangat merugikan warga dilakukan antara pihak PLN, Camat, Lurah hingga pihak Pemerintah Kabupaten Langkat. Sebab, disaat kesepakatan nilai uang ganti rugi antara pihak PLN sudah terjalin dengan warga, justru tiba-tiba muncul pihak lain mengatas namakan Lembaga Bantuan Hukum Nasional (LBHN) yang berniat memediator ganti rugi tanah warga.

Lewat kedatangan LBHN tersebut, kemudian muncul kepermukaan mengenai adanya kewajiban dari masing-masing kepala keluarga untuk memberikan nilai honor sebesar 40 persen dari total dana yang dibayarkan kepada masing-masing kepala keluarga. Atas hal itulah warga menolak dengan keras. Alasan penolakan wajib memberikan 40 persen tersebut, menurut Muhaimi juga sesuai dengan Peraturan, seharusnya pembayaran uang ganti rugi dilakukan secara tunai dan 100 persen, namun nyatanya, hanya 60 persen dana yang diterima warga.

Menurut Suhaimi, pemotongan dana tersebut merupakan tindakan yang illegal, dan warga dirugikan sekitar Rp.18 miliar. Pemerintah, kepolisian dan anggota dewan diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan ini dan dapat membayarkan dana penggantian uang ganti rugi seluruhnya. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in