Home | Jurnal Medan | Jembatan Timbang Di Sumut Akan Gunakan Sistem IT

Jembatan Timbang Di Sumut Akan Gunakan Sistem IT

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Utara Anthony Siahaan mengungkapkan, pada 2015 mendatang seluruh jembatan timbang yang ada di Sumut, diharapkan sudah dioperasikan dengan menggunakan sistem teknologi informasi. Upaya persiapan untuk penerapan sistem itu pun tengah dilakukan, dan sudah mencapai tahap studi pengembangan sistem teknologi informasi itu sendiri.

Menurut Anthony, dalam program kerja dinas perhubungan tahun ini, studi pengembangan itu sudah menjadi salah satu program prioritas. Dishub sendiri sudah melakukan sejumlah kajian internal, serta mendapatkan masukan dari sistem operasional yang dilakukan di provinsi lain. Nantinya melalui kajian internal dan masukan daerah lain itu, akan dibuat sebuah skema operasional baru, yang seluruhnya menggunakan IT.

Selain dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya pengusaha angkutan darat, sistem teknologi informasi ini akan terhubung secara online ke pusat data dishub. Sehingga pengawasan penerimaan retribusi kelebihan beban angkut dapat dilakukan secara maksimal. Begitu pula dengan pengawasan perilaku petugas, karena di titik-titik strategis jembatan timbang, akan dipasang kamera pengawas.

Jembatan timbang sendiri sejatinya cukup strategis untuk mendatangkan PAD bagi pemerintah provinsi sumatera utara. Khususnya karena di daerah ini, transportasi darat melalui jalan raya, masih menjadi moda transportasi logistik utama. Namun banyak kalangan yang menyesalkan, jika PAD yang dihasilkan seperti pada tahun lalu, hanya sekitar Rp.26 miliar. Padahal cost yang harus dibayarkan untuk merehabilitasi jalan akibat kelebihan muatan, melebihi pendapatan tersebut. Namun menargetkan PAD atas dasar kesalahan sejatinya juga tidak tepat, sehingga perbaikan sistem ini, diharapkan dapat merubah banyak hal dalam tata kelola jembatan timbang. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in