Home | Jurnal Medan | Sumut Kembangkan Tanaman Cabai di Lahan 177 Hektare

Sumut Kembangkan Tanaman Cabai di Lahan 177 Hektare

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, lewat anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) dan APBN kembangkan tanaman pangan jenis cabai di beberapa kabupaten/kota di wilayah ini untuk memperbanyak pasokan. Sebab selama ini, cabai merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi terbesar.

Asisten Ekonomi dan Pengembangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Sabrina mengatakan, lewat anggaran APBD, sekitar 51 hektare lahan di beberapa kabupaten akan ditamani cabai. Sementara itu, akan ada juga sekitar 126 hektare yang ditanami cabai lewat anggaran APBN. Lewat peningkatan produksi tersebut, guna mendorong petani untuk mengembangkan tanaman jenis tersebut.

Harapannya daerah ini dapat mengekspor atau mengantar pulaukan per provinsi komoditas cabai tersebut, tanpa kekurangan pasokan untuk kebutuhan daerah. Sebab, meski provinsi ini termaksud daerah yang surplus cabai, namun harga selalu mahal, karena pasokan yang banyak tersebut, dijual ke provinsi lain, bakan di ekspor. Pemerintah Provinsi sendiri, akan mengembangkan pertanaman cabai di daerah pesisir pantai Timur seperti Deli Serdang, Serdang Bedagai, Asahan, dan Kabupaten Batubara, serta beberapa kota dataran rendah lainnya.

Menurut Sabrina, nantinya pengembangan tanaman pangan tidak hanya akan dibudidayakan ke daerah yang dataran tinggi saja, juga dataran rendah. Lewat pengembangan tanaman pangan cabai ini, maka tingkat inflasi yang disumbang oleh komoditas tersebut dapat stabil. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in