Home | Jurnal Medan | Kota Medan Sumbang 82 Persen Inflasi di Sumut

Kota Medan Sumbang 82 Persen Inflasi di Sumut

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Tim Pengendali Inflasi Daerah mencatat, bahwa sumbangan inflasi di Kota Medan terhadap total inflasi di Sumatera Utara mencapai hingga 82 . Adapun rata-rata angka inflasi di Sumut sekitar 4,8 persen. Tingginya angka inflasi di Kota Medan tersebut , menjadi penentu pengendalian inflasi di Sumut.

Anggota Komisi XI DPR RI, Nurdin Tampubolon mengatakan, bahwa hampir 70 persen inflasi nasional disumbang oleh tingginya sumbangan inflasi tersebut, paling besar dipengaruhi oleh kondisi infrastruktur yang buruk. Akibatnya hubungan akses antar desa tidak berjalan baik dan menyebabkan harga komoditas tertentu menjadi mahal, karena masa pengiriman barang yang terhambat akibat infrastruktur. Sebagai contoh akses jalan di daerah Kabupaten Serdang Bedagai, Tanah Karo dan Deli Serdang yang cukup memprihatinkan. Dari daerah tersebut, akses jalan menuju Kota Medan bisa memakan waktu hingga 3 jam lebih, karena infrastruktur yang buruk.

Komisi XI sendiri mengaku,guna meminimalisir tingginya angka inflasi di daerah, maka akan disusun Rancangan Undang-undang pengendalian inflasi. Selain itu, akan dilakukan pembinaan masyarakat akan sumber produksi , dimana lahan terbuka yang nganggur, agar diefektifkan pemanfaatannya untuk tanaman pangan produktif seperti cabe ataupun bawang.

Komisi XI DPR RI pun berharap, agar pemerintah dapat mengontrol tingkat harga kebutuhan barang masyarakat, untuk tetap stabil. Sebab masalah inflasi, merupakan sumber kemiskinan masyarakat. Karena bila kebutuhan pokok naik satu digit saja, jumlah orang miskin bertambah, karena daya beli yang melemah. Persoalan inflasi tidak hanya menjadi tanggung jawab Bank Indonesia, namun juga pemerintah pusat dan pemerintah daerah. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in