Home | Jurnal Medan | Program Jaminan Kesehatan Nasional Berpeluang Dibiayai Negara

Program Jaminan Kesehatan Nasional Berpeluang Dibiayai Negara

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Sejumlah kalangan di Indonesia masih mengajukan keberatan terkait pembebanan iuran asuransi sosial kepada masyarakat umum, dalam penerapan sistem jaminan kesehatan nasional, yang kini dikelola PT Askes selaku Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Namun Kementerian Kesehatan mengaku iuran tersebut masih harus dilakukan, karena ketiadaan anggaran dari pemerintah.

Sekretaris Jendral Kementerian Kesehatan, Supriyantoro mengatakan, di beberapa negara maju, sistem jaminan kesehatan nasional memang telah diakomodasi oleh Negara. Namun diperlukan pemasukan pajak yang maksimal dari warga Negara. Sementara di Indonesia, upaya untuk memaksimalkan perolehan keuangan negara dari sektor pajak, belum dapat dilakukan secara maksimal. Khususnya ditengah tingkat kepatuhan pajak yang masih rendah dikalangan warga Negara.

Supriyantoro menyadari, bahwa berdasarkan undang-undang dasar,pelayanan kesehatan merupakan hak warga yang harus dipenuhi Negara. Namun dibandingkan harus menunggu kesiapan anggaran pemerintah, asuransi sosial menjadi pilihan yang terbaik yang bisa diambil, untuk segera memberikan layanan kesehatan, khususnya kepada warga miskin.

Pemerintah sendiri berharap, lewat sistem asuransi sosial ini, setiap warga negara dapat dijamin kesehatannya, sehingga derajat kesehatan masyarakat dapat direalisasikan, sesuai target milenium development goals 2015. Lewat program asuransi sosial ini, hingga pekan lalu, sudah terdaftar lebih 116 juta jiwa. Dimana lebih dari 86 juta diantaranya merupakan peserta yang mendapatkan bantuan iuran dari pemerintah. Sementara sekitar 25 juta lainnya adalah peserta mandiri, baik PNS, tenaga kerja swasta, maupun peserta umum lainnya. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in