Home | Jurnal Medan | Banyak Pengusaha Tak Jalankan UMK

Banyak Pengusaha Tak Jalankan UMK

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumatera Utara menyatakan, hingga saat ini belum ada pengusaha anggota Apindo, yang menyatakan akan melakukan penundaan kenaikan upah pekerjanya, sesuai dengan penetapan upah minimum propinsi, maupun kabupaten/kota. Namun menurutnya kondisi itu tidak serta merta menggambarkan bahwa seluruh pengusaha mampu memenuhi ketetapan tersebut.

Sekretaris Apindo Sumut, Laksamana Adyaksa mengatakan, pengusaha yang kesulitan memenuhi ketetapan upah 2014, pada umumnya merupakan pengusaha skala kecil dan menengah. Sedangkan untuk industri besar, baik padat karya maupun padat modal, sebagian besar dapat memenuhi ketentuan tersebut. Akan tetapi terus menaikkan besaran upah secara signifikan, menurut Laksamana bukanlah langkah yang tepat untuk mendorong perekonomian masyarakat. Memaksakan kenaikan upah secara signifikan justru menimbulkan persoalan perekonomian yang lebih luas bagi dunia usaha. Baik untuk pengusaha maupun pekerja.

Kesan memaksakan besaran upah oleh pemerintah diakui laksamana, juga terlihat dari ketidakmampuan pemerintah memenuhi besaran upah itu,untuk tenaga kerja tambahan/honor di lingkungan pemerintah. Laksamana pun meminta agar di tahun 2015 mendatang, pemerintah dapat menggunakan pendekatan berbeda. Ia pun menyarankan agar pendekatan kemampuan teknis para pekerja lebih menjadi prioritas.

Tahun ini UMP Sumut ditetapkan sebesar Rp. 1.505.850,-. Sementara upah minumum kabupaten kota, Antara Rp.1.505.850 hingga Rp.1.851.500,-. Hingga saat ini, dari 33 kabupaten/kota di Sumut, tersisa 2 kabupaten/kota yang belum menetapkan besaran upah. Yakni kabupaten Pakpak Barat dan Nias Barat. Keduanya pun akan menggunakan UMP sebesar Rp.1.505.850,- sebagai ketetapan upah minimumnya. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in