Home | Jurnal Medan | Penerima Layanan Jaminan Kesehatan Nasional Tembus 116 Juta Jiwa

Penerima Layanan Jaminan Kesehatan Nasional Tembus 116 Juta Jiwa

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kementerian Kesehatan mengklaim, jumlah penerima manfaat layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, telah menembus angka 116 juta jiwa. Penerima manfaat dari layanan JKN ini, memang masih didominasi oleh masyarakat miskin, yang tergolong sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI). Namun peserta kategori mandiri juga terus meningkat secara cukup signifikan.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Kesehatan, Murti Utami mengatakan ,Per 7 Februari lalu jumlah penerima layanan telah mencapai 116.497.209 jiwa. Dimana jumlah itu didominasi oleh peserta PBI yang dulunya disebut penerima Jaminan kesehatan masyarakat – jamkesmas. Jumlahnya memcapai 86.400.000 jiwa.

Murti Utami mengaku, meski masih didominasi penerima PBI, namun mereka cukup gembira karena jumlah penerima dari masyarakat umum juga cukup antusias. Terbukti jumlahnya mencapai 499.918 jiwa. Murti menambahkan, selain penerima PBI dan juga peserta mandiri, masih ada lagi penerima layanan BPJS kategori lain. Jumlahnya pun saat ini telah mencapai 29.597.291 jiwa.

Penerima manfaat Jamkesmas ini juga masih ditambah lagi dengan kontribusi daerah. Saat ini sudah ada 3.596.918 jiwa peserta JKN dari Jamkesda ini. Yakni dari Kartu Jakarta Sehat Provinsi DKI Jakarta, Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh, dan Jamkesda dari 15 Kabupaten/Kota. Di Sumatera Utara sendiri, belum ada yang menerima layanan dari jamkesda ini, karena belum rampungnya pendataan yang dilakukan pemerintah daerah. AS

Subscribe to comments feed Comments (5 posted)

avatar
The abiilty to think like that shows you're an expert
avatar
That's not even 10 <a href="http://lfvcjkouap.com">minteus</a> well spent!
avatar
Not bad at all fellas and galsla. Thanks. http://zopmil.com sadwgwdb [link=http://qajhfobxgu.com]qajhfobxgu[/link]
avatar
I found myself nodding my noggin all the way <a href="http://syqoag.com">thorhgu.</a>
avatar
That's a wetouthoughl-l-t answer to a challenging question http://fuwdiz.com tyxkqnnv [link=http://ykxipke.com]ykxipke[/link]
total: 5 | displaying: 1 - 5

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in