Home | Jurnal Medan | 3 Ribu Personil Polri Digeser ke Daerah untuk Amankan Pemilu

3 Ribu Personil Polri Digeser ke Daerah untuk Amankan Pemilu

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) kerahkan tiga ribu personil Polri untuk disebar ke titik-titik daerah seperti Nias serta Polres-Polres yang kekurangan personil, guna mengamanan Tempat Pemilihan Suara (TPS) pada Pemilukada April 2014 nanti.

Karo Ops Polda Sumut, Sadono Budi Nugroho mengatakan, mengingat arti penting dan strategisnya pemilu bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional, pemerintah dan pembangunan dalam mencapai tujuan bernegara, maka Polri sebagai penangung jawab keamanan dalam negeri, berkewajiban mengawal ,menjaga dan mengamankan Pemilu 2014. Untuk itu, Polres-polres yang kekurangan personil, akan ditambah khusus selama proses Pemilukada berlangsung. Dana yang disiapkan untuk pengamanan Pemilukada tersebut, diakui Sadono berkisar Rp. 12 miliar . Anggaran yang meliputi untuk uang makan, akomodasi dan transportasi petugas.

Saat ini Polda Sumut terus menggelar latihan dalam bentuk simulasi pengamanan Pemilu di Gedung DPRD Sumut. Kegiatan latihan pra operasi tersebut, merupakan kegiatan yang digelar serentak secara nasional di masing-masing Poldasu. Pelatihan mulai dari bentuk pengamanan masalah kampanye, ketika pencoblosan, pengawalan kotak suara, saat penghitungan, serta apabila terjadi ketidakpuasan sehingga terjadi demo, hingga kemungkinan tindakan anarkis turut disimulasikan. Pelatihan yang digelar khusus Satgas Polda Sumut tersebut, rencananya juga akan digelar di masing-masing Polres. Sementara itu untuk pengamanan Pemilu nantinya, rencananya akan turut melibatkan satuan TNI. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in