Home | Jurnal Medan | OJK Beri Keringanan 3 Tahun Pembayaran Kredit

OJK Beri Keringanan 3 Tahun Pembayaran Kredit

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan waktu tiga tahun keringanan pembayaran kredit kepada debitur pengungsi erupsi Gunung Sinabung. Keringanan kredit hanya diberikan kepada warga dari empat kecamatan, yaitu Tiganderket, Namantera, Payung dan Simpang Empat, karena dianggap sebagai daerah yang mengalami kolektibilitas dan kualitas rendah dalam pembayaran kredit selama erupsi Gunung Sinabung.

Kepala Kantor OJK Regional V Sumatera, Achmad Fauzie mengatakan, semua debitur yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung secara langsung akan mendapat keringanan pembayaran kredit. Namun seperti apa keringanannya, tergantung standar operasional prosedur (SOP) masing-masing bank. Namun, biasanya keringanan bisa berupa pengurangan jumlah pinjaman atau besaran kredit yang harus dibayarkan setiap bulan oleh debitur.

Keringanan tersebut, sesuai dengan keputusan Dewan Komisioner OJK nomor 2 tahun 2014 tentang penetapan beberapa kecamatan di Kabupaten Karo sebagai daerah yang memerlukan perlakuan khusus terhadap kredit bank. Keputusan Komisioner OJK ini mengacu pada PBI nomor 8 tahun 2006, yakni restrukturisasi kredit yang berlaku hanya untuk kredit bank umum dan BPR.

OJK mencatat, dari hasil pertemuan dengan perbankan pada 21 Januari 2014, diperoleh informasi bahwa terdapat kredit-kredit yang berpotensi menurun kualitasnya atau kolektibilitasnya dari debitur-debitur yang terkena dampak negatif erupsi Gunung Sinabung yakni sebanyak 1.911 rekening pada Bank Umum dan BPR dengan saldo kredit 98,6 miliar rupiah. Sementara itu, untuk mengetahui informasi terkait hal itu, OJK telah membuka posko informasi perbankan di Kantor Kodim Kabanjahe Kabupaten Karo. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in