Home | Jurnal Medan | Jumlah Kunjungan Wisman Ke Sumut Tumbuh Lebih Dari 7 Persen

Jumlah Kunjungan Wisman Ke Sumut Tumbuh Lebih Dari 7 Persen

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegera ke Sumatera Utara sepanjang 2013 lalu, tercatat sebesar hampir 259 ribu 300 orang. Jumlah itu meningkat 7,22 persen dibandingkan 2012 lalu, yang hanya 241.800 orang.

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ini, didorong oleh operasional Bandara Internasional Kuala Namu, yang memiliki daya tampung dan pelayanan kebandaraan yang lebih baik dibandingkan bandara polonia medan. Kepala BPS Sumut, Wien Kusdiatmono menuturkan, berdasarkan catatan pihaknya, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumut melalui jalur udara, naik 12,77 persen dibandingkan tahun lalu . Dari sekitar 206 ribu jiwa, menjadi lebih dari 225 ribu jiwa. Dimana jalur udara digunakan hampir 87 persen wisman yang akan masuk ke Sumut. Selain dari jalur udara, jumlah kunjungan wisman ke Sumut juga bertambah melalui jalur laut, di Pelabuhan Belawan. Kenaikan di pintu masuk tersebut naik lebih dari 2,2 persen, dari sekitar 22.100 orang menjadi lebih dari 22.600 orang.

Selain dari kedua pintu masuk itu, wistawan mancanegara juga menggunakan pelabuhan laut tanjung balai asahan sebagai pintu masuk ke Sumut. Namun jumlah kunjungan melalui pintu masuk ini mengalami penurunan yang sangat signifikan, yakni hampir 33 persen, dari 13.800 orang lebih menjadi hanya sekitar 11 ribu orang. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in