Home | Jurnal Medan | Pengusaha Sambut Baik Rencana Desentralisasi Pengelolaan Listrik Di Sumut

Pengusaha Sambut Baik Rencana Desentralisasi Pengelolaan Listrik Di Sumut

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumatera Utara mengaku siap mendukung rencana pengambilalihan kewenangan tata kelola dan tata niaga kelistrikan di sumut, yang selama ini dikuasai PT PLN. Namun mereka berharap, pengambilalihan itu didasari atas niatan untuk mengefisienkan produksi listrik.

Sekretaris Apindo Sumut, Laksamana Adyaksa mengatakan, kalangan pengusaha pada dasarnya mendukung siapapun pihak yang dapat memproduksi dan mengelola distribusi listrik secara efisien. Termasuk PT PLN. Namun selama ini PT PLN dianggap kurang memiliki keinginan dan konsistensi untuk menyelesaikan krisis listrik. Padahal disefisiensi produksi dan distribusi listrik itu telah membuat kalangan usaha terpojok. Baik itu pengusaha besar maupun usaha kecil menengah. Wacana desentralisasi kewenangan tata kelola dan tata niaga kelistrikan ini mencuat, setelah DPRD Sumatera Utara menjalani studi banding ke PLN Batam, yang sukses dengan desentralisasinya.

Pelibatan pemerintah daerah sebagai penentu dalam pengambilan kebijakan kelistrikan, membuat upaya kordinasi dan perumusan strategi efisiensi dapat berjalan lancar. DPRD Sumut sendiri saat ini tengah melakukan pemantapan terhadap rencana desentralisasi tersebut. Jika tak ada kendala, wacana desentralisasi tersebut akan dijadikan sebagai kebijakan daerah, sebelum akhir semester pertama 2014. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in