Home | Jurnal Medan | BNPB Berdayakan Mahasiswa Untuk Bimbel

BNPB Berdayakan Mahasiswa Untuk Bimbel

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberdayakan mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Medan (Unimed), untuk bimbingan belajar (Bimbel) kepada para anak-anak pengungsi Sinabung.

Kepala BNPB, Syamsul Maarif selaku Komandan Satgasnas Penanganan Erupsi Gunung Sinabung mengatakan, berdasarkan laporan pejabat Pemda Karo, anak-anak menjadi malas belajar dan tidak mau diajak kembali ke rumah asal, karena adanya bantuan yang banyak dan menjadi ketergantungan.

Mengatasi hal ini, BNPB bersama dengan USU, dan Unimed menyewa rumah untuk memberikan bimbingan belajar bagi anak-anak. Nantinya, setiap hari Sabtu dan Minggu mahasiswa USU akan mengajari 700 anak SMA yang berada di pengungsian. Begitu juga dengan mahasiswa Unimed, yang akan memberikan pendidikan bagi ribuan anak SMP dan SD.

Untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat Karo, BNPB telah menghubungi Menteri UKM dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar turut berperan dalam pemberdayaan masyarakat Karo. Dampak negatif dari erupsi adalah terganggunya bisnis perhotelan, pasar, pariwisata dan ekonomi masyarakat. Untuk diketahui, pengungsi terus bertambah setiap harinya.

Saat ini, jumlah pengungsi telah mencapai 31.739 jiwa atau sebanyak 9.915 KK, yang tersebar di 42 titik. Pengungsi berasal dari 34 desa dan banyak pengungsi dari luar radius lebih dari 5 km. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in