Home | Jurnal Medan | Stok Beras Sumut Capai 60 Ribu Ton

Stok Beras Sumut Capai 60 Ribu Ton

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Perum Badan Urusan Logistik Bulog mengaku memiliki cadangan beras hingga 60 ribu ton, yang diperuntukkan bagi wilayah Sumatera Utara. Dengan cadangan itu, kebutuhan beras di Sumut dipastikan aman hingga 6 bulan ke depan.

Kepala Bulog Divisi Regional I Sumatera Utara, Fasika Khaeul Zaman mengungkapkan, saat ini di gudang bulog terdapat cadangan beras sekitar 60 ribu ton. Dengan rata-rata konsumsi masyarakat sumut yang mencapai 11 ribu ton perbulan, stok tersebut dapat memenuhi kebutuhan hingga 6 bulan ke depan. Pasokan 60 ribu ton itu pun akan terus ditambah.

Setidaknya dalam waktu dekat, ada 3 kali penambahan pasokan yang akan dilakukan. Pasokan tambahan pertama sebesar 2200 ribu ton dari Sumatera Selatan, yang kini tengah di bongkar di pelabuan belawan. Tahap kedua akan datang sekitar 8 ribu ton dari Sulawesi Selatan, yang saat ini tengah dalam perjalanan menuju Sumut. Sedangkan ketiga, sebesar 5 ribu ton dari Jawa timur, yang saat ini tengah dimuat di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Selain untuk beras reguler, Bulog juga memastikan ketersediaan beras pemerintah yang penyalurannya dilakukan lewat program beras miskin maupun beras bencana, juga masih cukup memadai. Namun Bulog belum dapat memastikan berapa kali penyalurannya dapat dilakukan pada tahun ini. Karena hingga saat ini, rekomendasi dari pemerintah belum juga diterima bulog. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in