Home | Jurnal Medan | Sinabung Erupsi, Sumut Inflasi 1,1 Persen

Sinabung Erupsi, Sumut Inflasi 1,1 Persen

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Bencana Erupsi Sinabung yang masih terus terjadi hingga saat ini, telah membuat harga sejumlah komoditas utama asal Kabupaten Karo, mengalami kenaikan. Khususnya untuk komoditi cabai merah. Kondisi itu pun berpengaruh signifikan terhadap tingkat pergerakan harga di Sumatera Utara secara keseluruhan.

Berdasarkan data BPS Sumatera Utara, tingkat pergerakan harga di Sumatera Utara mengalami inflasi sebesar 1,1%. Dimana komoditi cabai merah menjadi pendorong utama pembentuk inflasi tersebut. Kepala BPS Sumatra Utara, Wien Kusdiatmono mengatakan, pada Januari 2014, 4 kota dengan indeks harga konsumen di Sumut seluruhnya mengalami inflasi. Inflasi di 4 kota itu membentuk inflasi di Sumut sebesar 1,1%. Kita lebih tinggi dari nasional yang hanya 1,07%.

Di Medan penyebab utama inflasi adalah cabai merah. Kenaikan harga 17,41% atas harga komoditi ini memberikan andil sebesar 0,27% terhadap inflasi di Medan. Kenaikan harga cabai juga menjadi penyebab inflasi di 3 kota dengan IHK lainnya, yakni Pematang Siantar, Padangsidimpuan dan Sibolga. Selain di Medan, cabai juga menjadi penyebab inflasi di seluruh kota dengan IHK di Sumut. Di Pematang Siantar, andil cabai mencapai 0,25%, di Sibolga andilnya 0,77%, dan Padang Sidimpuan andilnya 0,43%,"paparnya.

Selain cabai merah, komoditas lainnya yang menjadi pendorong utama pembentuk inflasi di Sumut, adalah kenaikan harga LPG 12 Kg sebesar 12,16%, harga Bayam naik 37,43%, Ikan Tongkol naik 21,8%, daging ayam ras naik 7,14%, Ikan Dencis 7,82% dan harga mobil naik 1,39%.

Sementara itu Ketua Harian Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Utara, Mikael Budi Satrio mengatakan, inflasi yang terjadi pada Januari ini memang sulit dielakkan. Khususnya karena kenaikan harga cabai. Dimana pasokan dari Kabupaten. Karo sebagai sentra utama komoditi itu tengah terganggu akibat bencana. Sulitnya menekan inflasi pada Januari lalu, juga disebabkan faktor eksternal. Dimana terjadinya bencana di sejumlah daerah, membuat belanja masyarakat meningkat. AS

Subscribe to comments feed Comments (1 posted)

avatar
american association of colleges of pharmacy <a href=http://xanor.bloggnorge.com/>kjope xanor</a> best drugstore liquid foundation
total: 1 | displaying: 1 - 1

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in