Home | Jurnal Medan | PMA Dominasi Serapan Investasi di Sumut

PMA Dominasi Serapan Investasi di Sumut

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Serapan investasi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2013 mencapai 13,588 triliun rupiah, atau jauh melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp.9 triliun. Dari capaian tersebut, penanaman modal asing (PMA) masih mendominasi yakni Rp. 8,519 triliun dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp. 5,068 triliun. Di tingkat nasional, peringkat PMA Sumut berada diurutan ke-8 setelah Provinsi Riau dan PMDN berada diurutan ke-7 setelah DKI Jakarta.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Sumut, Dewi Purnama mengatakan, tingginya serapan investasi Sumut karena daerah ini masih tetap menarik bagi investor terutama asing. Disamping program nasional Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dengan proyek-proyek besar yakni KEK Sei Mangkei, Pelabuhan Kuala Tanjung dan Bandara Kuala Namu, daerah ini juga diminati karena lokasinya yang sangat strategis karena dekat dengan negara-negara ASEAN terutama Singapura dan Malaysia.

Sementara itu, dilihat dari pencapaian investasi ini juga menunjukkan, bahwa krisis listrik dan gas yang terjadi di daerah ini belum membuat investor lari atau membatalkan investasinya. Menurut data BPMP Sumut, pencapaian investasi pada triwulan I-2013 senilai Rp. 3,673 triliun, lalu triwulan II senilai Rp.3,626 triliun, sementara pada triwulan III senilai Rp.3,124 triliun, dan triwulan mencapai Rp. 3,162 triliun.

Dilihat dari berdasarkan sector, realisasi PMA masih terbesar dari pertambangan yang memberikan kontribusi sebesar 39 persen atau senilai US$ 222 juta, industri lainnya sebesar 30 persen atau senilai US$ 170 juta, lalu industri kimia dan sektor perkebunan. Sedangkan PMDN, sektor penyumbang terbesar yakni jasa senilai Rp.1 triliun, industri kimia sebesar Rp.756 miliar, industri makanan sebesar Rp.737,84 miliar, dan perkebunan sebesar Rp.599,16 miliar. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in