Home | Jurnal Medan | Evakuasi Sinabung Kembali Dilanjutkan

Evakuasi Sinabung Kembali Dilanjutkan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Setelah sempat dihentikan sejak Minggu siang, Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Sinabung, berencana kembali melanjutkan penyisiran dan evakuasi korban terjangan awan panas sinabung, yang diprediksi masih tertimbun debu vulkanik. Namun upaya penyisiran dan evakuasi, tetap mengedepankan keselamatan tim dan evakuasi akan kembali dihentikan jika aktifitas gunung kembali meningkat.

Ketua Tim Evakuasi korban erupsi sinabung yang juga Komandan Batalyon Infantri 125 Karo, Charles Binsar Sagala mengatakan, pihaknya tidak akan memaksakan evakuasi, karena aktifitas gunung masih cukup tinggi dan sulit diprediksi. Ia pun akan memaksimalkan sumber daya dan peralayan yang ada, untuk mempercepat evakuasi. Ia juga meminta agar seluruh pihak tetap tenang dan memberikan dukungan dengan mematuhi prosedur yang telah ditetapkan. Diantaranya dengan tidak memasuki zona bahaya selama evakuasi berlangsung. Termasuk para pekerja media.

Sementara itu, untuk proses evakuasi saat ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana telah membentuk 3 tim yang terdiri dari 170 personil gabungan TNI, Polri, Basarnas dan Satpol PP. Ke 170 personil itu hari ini akan difokuskan menyisir desa suka meriah. Kemudian penyisiran akan dilanjutkan ke Desa Berastepu, Desa Bekerah dan Desa Simacem.

Saat ini, tercatat jumlah pengungsi yang pada jumat lalu sudah menurun menjadi sekitar 25 ribuan jiwa, kini kembali meningkat menjadi hampir 31 jiwa. Peningkatan jumlah pengungsi itu seiring dengan dikeluarkannya himbauan agar penduduk di 16 desa di radius 5 kilometer dari puncak sinabung, tetap berada dipengungsian. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in