Home | Jurnal Medan | Pemanfaatan Lahan Eks HGU, Untuk Lahan Pertanian Pangan

Pemanfaatan Lahan Eks HGU, Untuk Lahan Pertanian Pangan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Terus bertambahnya jumlah penduduk, yang berbanding terbalik dengan jumlah luasan lahan pertanian, membuat Sumatera Utara rentan dari krisis pangan. Pemerintah pun tengah mengkaji sejumlah langkah, untuk meningkatkan volume produksi pangan lokal, dengan memanfaatkan potensi yang selama ini belum dikelola secara maksimal. Salah satunya potensi atas lahan eks HGU perkebunan.

Kepala Dinas Pertanian Sumatera Utara, Mohammad Roem mengatakan, persoalan lahan merupakan persoalan krusial bagi upaya peningkatan ketahanan pangan di Sumut. Padahal hampir seluruh daerah di Sumut, terdapat lahan eks HGU perkebunan dan hutan tanaman industri, yang belum dikelola secara maksimal. Jumlahnya pun mencapai puluhan ribu hektar.

Menurut Roem, dibandingkan terus menjadi sumber konflik di masyarakat, pihaknya berencana menggunakan lahan-lahan eks HGU itu sebagai kawasan pertanian pangan baru. Nantinya masyarakat lah yang akan mengelola lahan itu, untuk memproduksi komoditi pangan. Saat ini, pihaknya tengah mengkaji langkah tersebut. Pihaknya pun terus berkordinasi dengan sejumlah pemangku kebijakan di sektor pangan dan pertanahan, agar pemanfaatan lahan eks HGU itu bisa maksimal.

Selain lahan eks HGU, pihaknya juga tengah berkordinasi dengan perusahaan perkebunan besar, untuk memperbolehkan pemerintah memanfaatkan lahan perkebunan non produktif mereka. Dimana nantinya lahan-lahan non produktif itu dapat digunakan untuk memproduksi tanaman pangan berusia panen pendek, agar tak sampai mengganggu jadwal produksi perkebunan.

Lebih lanjut Roem menambahkan, lahan eks HGU perkebunan dan tanaman industri itu, masih relatif layak untuk dijadikan lahan pertanian. Dukungan alam berupa sinar matahari dan hujan yang cukup selama ini, membuat kusuburan tanah eks HGU itu masih cukup terjaga, dan memenuhi kualifikasi tanaman panang. Pemerintah diakui Roem juga tengah menyiapkan sejumlah teknologi pengolahan tanah, agar kualitas tanah eks HGU itu dapat terus ditingkatkan. (Aulia Siregar)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in