Home | Jurnal Medan | Pemerintah Belum Bisa Kembalikan Biaya Keluar CPO Ke Daerah

Pemerintah Belum Bisa Kembalikan Biaya Keluar CPO Ke Daerah

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Menteri perdagangan Gita Wirjawan menegaskan, pemerintah belum bisa mengabulkan permintaan para pengusaha dan pemerintah di Sumatera Utara, yang mendesak agar kutipan biaya ekspor minyak sawit mentah dikembalikan untuk biaya pembangunan di daerah.

Menurut Gita, langkah pengembalian itu melanggar ketentuan dan perundang-undangan terkait keuangan negara, karena telah menjadi salah satu pendapatan dalam struktur nota keuangan pemerintah pusat. Akan tetapi menurut Gita, pemerintah sudah menyiapkan langkah alternatif, yakni dengan melakukan desentralisasi fiskal. Dimana pemerintah telah mengalokasikan 50 persen dari APBN., untuk pembangunan di daerah. Baik itu pembangunan fisik, maupun non fisik.

Gita berharap, pemerintah dan pengusaha lebih inovatif untuk mendapatkan dana desentralisasi tersebut. Khususnya untuk hilirisasi industri yang kini menjadi fokus pemerintah. Pemerintah sendiri memperoleh sekitar Rp.220 triliun dari biaya keluar CPO setiap tahunnya. Dimana kontribusi Sumatera Utara atas penerimaan itu mencapai 30 persen, atau sekitar Rp. 66 triliun. Namun para pengusaha dan pemerintah daerah menilai pembagian pendapatan nasional ke daerah melalui dana alokasi umum dan dana alokasi khusus dinilai timpang. Karena jumlahnya dibawah 30 triliun, untuk seluruh sektor. (Aulia Siregar)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in