Home | Jurnal Medan | Rumitnya Pengurusan S-K-A, Rugikan Kalangan Eksportir

Rumitnya Pengurusan S-K-A, Rugikan Kalangan Eksportir

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Eksportir Sumatera Utara (Sumut) mengakui pengurusan Surat Keterangan Asal (SKA) di daerah ini masih rumit. Kondisi ini membuat kalangan eksportir rugi, karena banyak barang yang sudah sampai di negara importir, tidak bisa dibongkar karena belum adanya form SKA. Padahal SKA sangat dibutuhkan pembeli untuk pembebasan bea masuk (BM). Selain itu ada juga kerugian non materi yakni image yang tidak baik dari negara pengimpor terhadap eksportir Sumut.

Sekretaris Eksekutif Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Sumut, Edy Irwansyah mengatakan, pengurusan yang rumit mulai dari sistem online dimana form-nya sering ditolak, padahal sudah diisi sesuai prosedur. Selain itu, biaya form yang dalam Permendag ditetapkan hanya Rp.5.000 r dalam pelaksanaannya menjadi Rp.10 ribu hingga Rp.20 ribu. Begitupun, masih tetap membutuhkan waktu yang lama dari juru periksa ke kabid atau kasie. Persoalan lainnya, penjual form kadang tidak ada di tempat sehingga pengurusan jadi seringkali molor.

Edy menambahkan, kerumitan lainnya yang dihadapi oleh eksportir Sumut yakni kekurangan form masih sering terjadi, adanya hambatan non teknis serta waktu koreksi yang masih sering panjang karena ada kesalahan pengisian. Persoalan lainnya yakni terkait keharusan untuk menempelkan materai di Surat Penegasan Pemohon SKA Form A yang diberlakukan selama dua pekan belakangan.

Para eksportir pun berharap, agar kerumitan yang merupakan permasalahan lama tersebut dapat segera usai. Diharapkan akan ada koordinasi antara daerah dan Kemendag sehingga semuanya bisa diatasi dan kerugian tidak terjadi lagi. (Riri Wahyuni)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in