Home | Jurnal Medan | DPRD Desak Gubernur Sumut Evaluasi Kinerja Jajarannya Di Jembatan Timbang

DPRD Desak Gubernur Sumut Evaluasi Kinerja Jajarannya Di Jembatan Timbang

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Anggaran DPRD Sumatera Utara meminta Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pudjo Nugroho untuk mengevaluasi kembali kinerja jajarannya di unit Pelayanan Teknis (UPT) Jembatan Timbang, Dinas Perhubungan Sumatera Utara. Pasalnya UPT tersebut dinilai gagal berkontribusi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD), sesuai dengan Nota Keuangan Tahun Anggaran 2014, yang telah disampaikan Gubernur Ke DPRD.

Juru Bicara Badan Anggaran DPRD Sumut, Marahalim Harahap mengatakan, sebagai UPT yang ditugaskan untuk mengutip retribusi denda kelebihan muatan pada angkutan darat, UPT Jembatan Timbang yang tersebar di 13 titik di Sumut, harusnya dapat berkontribusi signifikan pada PAD Sumatera Utara tahun ini. Akan tetapi dalam Nota Keuangan yang disampaikan Gubernur Sumut, potensi PAD dari UPT tersebut justru nihil. Padahal Menurut Marahalim, tahun 2013 lalu, kontribusi Jembatan Timbang terbilang cukup besar, mencapai hamper Rp. 25 miliar. Meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yang hanya sekitar Rp.24 miliar.

Oleh karena itu, Marahalim meminta Gubernur Sumatera Utara untuk segera melakukan evaluasi, dan mengambil kebijakakan penataan dalam pengelolaan Jembatan Timbang. Selain PAD dari Jembatan Timbang, Badan Anggaran DPRD Sumatera Utara juga meminta Gubernur melakukan evaluasi serta penataan pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah di Sumut, yang mendapatkan modal dari APBD setiap tahunnya. Kinerja BUMD itu dinilai kurang maksimal, karena hingga hari ini belum dapat dijadikan tumpuan Anggaran.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sendiri hanya mengandalkan Pajak Kenderaan Bermotor untuk membiayai pembangunan. Dimana kontribusi PAD dari sektor kenderaan bermotor itu, mencapai lebih dari 70 persen. (Aulia Siregar)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in