Home | Jurnal Medan | Dua Kabupaten Di Sumut Belum Tetapkan UMK 2014

Dua Kabupaten Di Sumut Belum Tetapkan UMK 2014

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumatera Utara mengungkapkan, dari 33 Kabupaten,Kota di Sumatera Utara, 2 diantaranya belum menetapkan Besaran Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2014. kedua Kabupaten itu yakni Kabupaten Pakpak Barat, dan Kabupaten Nias Selatan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigras Sumatera Utara, Bukit Tambunan menuturkan, Pemerintah Provinsi sebagai Kordinator Pemerintah Daerah di Sumut, telah menyurati kedua Kabupaten Kota itu, selayaknya 31 Kabupaten lain.Namun hingga hari ini, belum ada jawaban yang pasti, mengapa kedua Kabupaten itu belum juga menetapkan besaran UMK nya.

Ia mengatakan, jika hingga April 2014 ini kedua Kabupaten itu tidak kunjung mengirimkan pemberitahuan besaran UMK, maka keduanya wajib menjadikan besaran pada Upah Minimum Provinsi, sebagai Upah Minimum di daerahnya. Karena Berdasarkan Amanat Perundang-Undangan, Pemerintah Kabupaten,Kota, dilarang menerapkan upah minimum, di bawah Upah Minimum Provinsi.

Bukit juga mengungkapkan, jika hingga hari ini belum ada satupun dari 33 Kabupaten/Kota di Sumut, yang menyatakan keberatan dengan besaran UMP Sumut 2014, yang sudah ditetapkan. Begitu pula dengan kalangan Pengusaha dan Buruh, yang tidak menyampaikan nota keberatan ataupun penangguhan pembayaran, setelah besaran UMP ditetapkan.

Bukit juga mengatakan, pihaknya tidak menutup diri jika adanya kelompok, maupun Perusahaan yang melakukan penangguhan pembayaran UMK 2014, hingga batas waktu April mendatang. Namun Bukit berharap penangguhan itu dapat diselesaikan secara bipartit, antara pekerja dan buruh, tanpa campur tangan Pemerintah. Meski begitu, Pemerintah baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten,Kota tetap akan membuat posko, sebagai sarana pengaduan dari masyarakat, maupun kelompok buruh. (Aulia Siregar)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in