Home | Jurnal Medan | DPRD Minta Dinas Kesehatan Sumut Perketat Pengawasan Layanan

DPRD Minta Dinas Kesehatan Sumut Perketat Pengawasan Layanan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

DPRD Sumatera Utara mendesak Dinas Kesehatan Sumut, untuk segera melakukan evaluasi terhadap layanan instalasi kesehatan di seluruh rumah sakit yang ada di Sumatera Utara. Desakan tersebut disampaikan, seiring dengan temuan dugaan malapraktik yang dilakukan Rumah Sakit Umum Herna, terhadap salah satu anggota DPRD Sumatera Utara.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut, Budiman Nadapdap yang juga sekaligus menjadi korban dugaan malapraktik itu mengatakan, kasus yang dialaminya harus menjadi titik balik bagi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebagai pengawas lembaga pelayanan kesehatan di Sumut, untuk meningkatkan pengawasan. Ia menilai, perlu kembali ditetapkan standart penanganan pasien, untuk mengantisipasi pelanggaran hak-hak pasien sebagai konsumen. Khususnya terkait sterilitas sarana dan prasaran kesehatan yang ada di setiap rumah sakit.

Budiman sendiri telah melaporkan dugaan malapraktik ini ke Polda Sumatera Utara. Namun laporan tersebut terkendala rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia, yang menurutnya justru mempersulit perolehan hak-hak pasien. Menurutnya, kondisi yang sulit ini lah yang telah dihadapi masyarakat Sumatera Utara secara bertahun-tahun. Sehingga perlu intervensi berupa pengawasan dan standarisasi dari pemerintah selaku regulator. (Aulia Siregar)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in