Home | Jurnal Medan | Pemerintah Optimis Pertumbuhan Ekonomi Sumut Mampu Bertahan di Atas Rata-Rata Nasional

Pemerintah Optimis Pertumbuhan Ekonomi Sumut Mampu Bertahan di Atas Rata-Rata Nasional

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Meski Bank Indonesia telah mengambil kebijakan untuk memperketat sejumlah fundamental pendorong pertumbuhan perekonomian namun pemerintah provinsi sumatera utara tetap optimis pertumbuhan ekonomi sumut tetap dapat dipertahankan di kisaran 6 persen Lebih tinggi dari target pertumbuhan rata-rata nasional yang hanya sekitar 5,5%.

Wakil Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi mengatakan, optimisme mempertahankan ekonomi Sumut cukup beralasan. Pasalnya Sumut memiliki motor penggerak perekonomian yang masih cukup dinamis di tahun mendatang. Salah satunya dari sektor perkebunan.

Meski menghadapi sejumlah persoalan di tahun ini, namun di tahun depan sektor perkebunan masih cukup menjanjikan dengan proyeksi perbaikan ekonomi global dan regional serta domestik yang diperkirakan akan semakin membaik. Begitu pula dengan sektor jasa dan industry. Konsumsi yang menjadi basis pertumbuhan ekonomi masyarakat diproyeksikan akan dapat mendukung kedua sektor tersebut. Kedua sektor ini pun ditargetkan dapat tumbuh di atas 4 persen pada tahun depan.

Erry mengaku, ada 2 persoalan yang diperkirakan menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi Sumut, yakni persoalan infrastruktur serta ketersediaan energy. Erry pun berharap pemerintah pusat dapat merespon dua persoalan tersebut agar target pertumbuhan ekonomi sumut bisa terealisasi. Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in