Home | Jurnal Medan | Jelang Pemilu, Pemprov Sumut Intensif Tangani 4 Sumber Konflik Utama

Jelang Pemilu, Pemprov Sumut Intensif Tangani 4 Sumber Konflik Utama

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah menyiapkan 36 rencana aksi untuk menangani konflik sosial jelang pemilu legislatif dan pemilu presiden 2014. Rencana aksi itu meliputi tindakan antisipasi pengelolaan hingga penanganan pasca konflik, khususnya atas potensi 4 konflik utama. Yakni sumber daya alam, konflik agrarian, konflik politik dan batas wilayah serta konflik hubungan industrial.

Meski begitu Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pudjo Nugroho mengaku, kondisi keamanan di Sumatera Utara masih terbilang baik. Namun dia tidak menampik, bahwa potensi-potensi sangat mungkin muncul, mengingat multikulturalnya masyarakat Sumut. Untuk itu dalam waktu dekat Gatot akan memanggil seluruh pemangku kepentingan di masyarakat untuk duduk bersama dan menentukan solusi agar pemilu dapat berjalan sukses di Sumut.

Gatot juga meminta seluruh masyarakat untuk dapat menahan diri dan menyelesaikan perbedaan kepentingan dan pandangan yang muncul jelang pemilu mendatang, dengan mengikuti prosedur dan ruang yang sudah disediakan pemerintah.

Dalam pelaksanaan 36 rencana aksi penanganan konflik yang sudah dibuat, Gubernur mengaku pemerintah mendukung sepenuhnya penindakan tegas dari aparat kepolisian. Gubernur juga sudah menginstruksikan jajarannya untuk respektif terhadap pengaduan-pengaduan masyarakat yang dapat memicu konflik.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in