Home | Jurnal Medan | Proyek Pembangunan Double Track Dimulai 2014

Proyek Pembangunan Double Track Dimulai 2014

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kementerian Perhubungan mengagendakan proyek pembangunan double track (jalur ganda) akan dimulai pada 2014. Anggaran untuk pembangunan tersebut pun telah diajukan, sebesar Rp.8,3 triliun.

Wakil Menteri Perhubungan Republik Indonesia - Bambang Susantono mengatakan, untuk proyek pengerjaan jalur ganda diusahakan akan segera dilaksanakan begitu juga dengan proyek pengerjaan jalur layang. Hal itu dilakukan guna mengurai kemacetan serta memperkecil kemungkinan resiko kecelakaan akibat banyaknya perlintasan kereta api yang sebidang. Di dalam kota Medan setidaknya akan ada 9 perlintasan sebidang yang dibuat jalur rel melayang.

Jalur rel ganda dan melayang itu direncanakan akan mulai dikerjakan pada 2014 mendatang. Pengerjaan proyek tersebut akan memakan waktu 3 tahun. Namun Kemenhub mengharapkan proyek pembangunan jalur rel ganda dan melayang itu dapat selesai dalam waktu 2 tahun. Wakil Kemenhub juga mengatakan bahwa total jalur rel ganda atau double track yang akan dibangun sepanjang 15 kilometer dari Medan menuju KNIA. Jalur ganda yang dibuat secara elevated diperkirakan sepanjang 8-9 Km.

Pengerjaan jalur ganda dan melayang itu akan dilakukan secara bertahap. Jalur rel ganda Aras Kabu - Bandar Khalifa sepanjang 15 Km akan dikerjakan pada 2014. Adapun jalur ganda dan melayang untuk ruas Bandar Khalifa - Medan sepanjang 9 Km serta ruas Aras Kabu- Bandara KNIA sepanjang 4,8 Km akan dikerjakan pada 2015. Keseluruhan perlintasan sebidang untuk jalur Medan-KNIA diperkirakan mencapai 12 lintasan di luar kota dan 11 lintasan di dalam kota . Dari jumlah tersebut sebanyak 9 lintasan sebidang akan dibuat dengan jalur rel melayang.RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in