Home | Jurnal Medan | Upaya Menekan Biaya Logistik Terkendala Kawasan Hutan

Upaya Menekan Biaya Logistik Terkendala Kawasan Hutan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pengamat Transportasi Sumatera Utara, Marapinta Harahap mengatakan, target pemerintah menekan biaya logistik nasional menjadi di bawah 10 persen pada 2014 sepertinya sulit tercapai. Pasalnya penetapan target itu tidak dibarengi dengan perBaikan konstruksi yang berkelanjutan. Selain itu adanya persoalan lahan membuat penambahan jalur baru sulit dilakukan.

Untuk itu Marapinta yang merupakan mantan kepala dinas binamarga provinsi Sumatera Utara meminta pemerintah untuk menjadikan persoalan infrastruktur jalan ini sebagai prioritas utama.

Marapinta juga mengingatkan pemerintah pusat untuk segera mensahkan rencana umum tata ruang provinsi serta mengafirmasi usulan perubahan dan permohonan ijin pinjam pakai kawasan hutan di sejumlah daerah yang akan dijadikan sebagai jalur alternative baru. Pemetaan terhadap hutan lindung di Sumut menurut Marapinta sudah saatnya untuk direvisi. Pasalnya pemetaan yang dilakukan sejak tahun 2005 sudah tidak relevan dengan perkembangan wilayah di Sumut.

Dalam rangka mendorong penurunan biaya sistem logistik di Sumut pemerintah sumatera Utara pada tahun 2013 ini telah melaksanakan pembangunan dan peningkatan jalan sepanjang152,2 km. Dengan penambahan pembangunan jalan sebesar 4,99 % dari 3.048,5 km jalan provinsi tersebut, maka jalan provinsi berstatus mantap pada akhir 2013 ditargetkan mencapai mencapai 2.164 km. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in