Home | Jurnal Medan | Truk Bermuatan Besar Sering Langgar Rambu dan Jam Operasional

Truk Bermuatan Besar Sering Langgar Rambu dan Jam Operasional

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Dinas Perhubungan menyatakan bahwa kendaraan truk bermuatan diatas tiga ton paling banyak melangggar rambu-rambu lalu lintas jalan raya dan jam operasional.

Kepala Bidang Lalulintas dan Angkutan Darat Dinas Perhubungan Kota Medan, Suriono mengatakan, meski telah dipasang rambu dilarang masuk bagi truk yang bermuatan diatas tiga ton namun masih ada juga truk yang melanggar aturan. Bahkan tidak sedikit mobil barang atau truk bertonase di atas 3 ton, melintas di sejumlah jalan di Kota Medan. Padahal sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwal) Medan nomor 17 tahun 2011 tentang kawasan larangan melintas mobil barang/truk bertonase di atas 3 ton di sejumlah Jalan di Kota Medan.

Dalam peraturan tersebut diatur bahwa truk diperbolehkan masuk ke Kota Medan dengan meminta izin ke Kantor Dishub Kota Medan. Untuk izin masuk, Kota Medan juga hanya boleh dilakukan pada malam hari, sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan dan ditentukan. Sebab truk sering menyebabkan lalu lintas di jalan inti Kota Medan padat dan macet karena memiliki muatan besar dan ukuran kendaraan yang besar. Untuk menertibkan kendaraan truk bertonase 3 ton yang sering melanggar peraturan lalulintas tersebut.

Dishub akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk memberikan tindakan dalam bentuk tilang. Sementara itu Surono mengaku bahwa pihaknya telah mengeluarkan puluhan tilang bagi kendaraan truk yang beroperasi di Jalan Ringroad saat jam kerja mulai dari pukul 06.00 Wib hingga pukul 20.00 Wib. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in