Home | Jurnal Medan | Gratiskan Perijinan dan Sertifikasi Produk UMKM

Gratiskan Perijinan dan Sertifikasi Produk UMKM

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah diminta memberikan insentif berupa penggratisan ijin usaha dan sertifikasi produk pada Pelaku UMKM. Hal itu untuk mendukung peningkatan daya saing produk UMKM di pasar regional asean dan internasional sekaligus untuk memodernisasi sistem produksi UMKM nasional.

Pemerintah Indonesia baik pusat maupun daerah didorong memberikan insentif berupa pembebasan biaya perijinan dan sertifikasi produk usaha mikro kecil dan menengah – UMKM lokal. Hal itu ditujukan untuk membuat produk-produk UMKM Indonesia dapat diterima secara baik di luar negeri.

Join Business Council IMT GT, Fauzi Naim mengatakan, untuk bersaing di pasar regional dan global bukan hanya kualitas otentik produk yang dibutuhkan. Namun juga legalitas dan otentifikasi kualitas lewat sertifikasi dari badan-badan yang berwenang. Konsumen di negara-negara maju memang masih mengandalkan brand sebagai preferensi untuk memilih produk. Namun karena produk UMKM pada umumnya belum memiliki brand yang cukup dikenal, maka legalitas dan sertifikasi akan sangat membantu produk-produk UMKM lokal untuk mendapatkan perhatian dari konsumen.

Menurut Fauzi, di sejumlah negara ASEAN khususnya Singapura, Thailand dan Malaysia, legalisasi dan sertifikasi produk UMKM, sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Sehingga tak heran, banyak produk UMKM dari negara-negara tersebut yang kini membanjiri pasar regional ASEAN termasuk Indonesia. Sementara pasar produk UMKM Indonesia sulit berkembang termasuk di dalam negeri yang pasarnya terbilang cukup besar.

Fauzi mengungkapkan, selain untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap produk UMKM lokal, sertifikasi dan legalisasi produk UMKM juga akan memaksa pelaku UMKM untuk memodernisasi metode produksinya. Untuk menggratiskan legalisasi dan sertifikasi produk UMKM itu, pemerintah menurut Fauzi tak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Khususnya karena pemerintah di Indonesia menguasai hampir seluruh lembaga legalisasi dan sertifikasi yang dibutuhkan pelaku UMKM. AS

Subscribe to comments feed Comments (5 posted)

avatar
I actually found this more enrtaetining than James Joyce.
avatar
I just hope <a href="http://zvqgzvgu.com">whvoeer</a> writes these keeps writing more!
avatar
I hate my life but at least this makes it bebalrae. http://mitqclho.com vekngfs [link=http://xthaik.com]xthaik[/link]
avatar
Now that's <a href="http://whwdvmyhezx.com">suelbt!</a> Great to hear from you.
avatar
A perfect reply! Thanks for taking the trloube. http://nihzoef.com shgxxnortrv [link=http://ujntbnuk.com]ujntbnuk[/link]
total: 5 | displaying: 1 - 5

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in