Home | Jurnal Medan | Investor Hengkang Bila Tuntutan Buruh Dipenuhi

Investor Hengkang Bila Tuntutan Buruh Dipenuhi

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pengamat perekonomian menilai, bila tuntutan buruh yang menginginkan upah naik 50 persen terpenuhi, maka dipastikan investor yang menanamkan investasi di negeri ini bakal hengkang. Sebab tuntutan kenaikan 50 persen tersebut masih belum layak ditengah kondisi investasi yang tak stabil. Mulai dari krisis gas dan listrik, infrastruktur yang buruk pungutan liar dan persoalan lainnya yang sangat membebani biaya produksi .

Pengamat ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin menjelaskan, kondisi kekinian saat ini ada banyak persoalan yang masih menjadi tugas pemerintah namun tak juga kunjung selesai mulai dari persoalan birokrasi inflasi yang tinggi infrastruktur yang buruk serta hal mendesak lainnya yang penting untuk keberlangsungan perusahaan. Sehingga bila gaji buruh naik hingga 50 persen, tentu akan membuat investor berusaha hengkang dari negara ini. Bila hal itu sampai terjadi tentunya akan berdampak juga terhadap buruh karena berkurangnya lapangan pekerjaan.

Benjamin juga mengatakan, kebijakan pemerintah yang dilakukan saat ini dengan menaikkan upah sudah layak. Sebab hal itu sudah dilakukan dengan mekanisme-mekanisme perhitungan yang melibatkan beberapa aspek baik inflasi serta kebutuhan hidup layak (KHL). Menurut Benjamin, permintaan buruh yang menginginkan upah naik hingga 50persen akan sulit dikabulkan pemerintah sebab beban cost yang ditanggung pengusaha masih tinggi.

Untuk itu pemerintah diharapkan bisa menyelesaikan dan memperbaiki persoalan-persoalan yang masih menjadi hutang saat ini agar iklim dunia usaha juga terjamin dan para investor merasa nyaman berinvestasi. RW

Subscribe to comments feed Comments (4 posted)

avatar
I don't even know what to say, this made things so much easeri!
avatar
If not for your writing this topic could be very <a href="http://qtjxmzfix.com">contoluved</a> and oblique.
avatar
I went to tons of links before this, what was I <a href="http://pkrcqpmtf.com">thkgnini?</a>
avatar
Holy Toolde, so glad I clicked on this site first! http://ezzdvzlc.com mkrvppfq [link=http://djljdfca.com]djljdfca[/link]
total: 4 | displaying: 1 - 4

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in