Home | Jurnal Medan | Tingkat Pengangguran di Sumut Meningkat

Tingkat Pengangguran di Sumut Meningkat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Jumlah pengangguran di Sumatera Utara naik 0,33 persen . Kenaikan tersebut didorong oleh timpangnya kenaikan jumlah angkatan kerja dengan kesempatan kerja. Penurunan kesempatan kerja ini utamanya terjadi sektor industri.

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara mencatat terjadinya peningkatan sangat signifikan pada jumlah angkatan kerja di Sumatera Utara. Namun sayangnya peningkatan jumlah angkatan kerja itu belum linier dengan jumlah kesempatan kerja yang tersedia sehingga peningkatan jumlah angkatan kerja justru menyebabkan semakin tingginya pengangguran.

Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisa Statistik BPS Sumut, Ateng Hartono mengatakan, berdasarkan survey angkatan kerja nasional yang dilakukan pada Agustus lalu diketahui bahwa jumlah angkatan kerja di Sumatera Utara telah mencapai 6,31 juta orang Jumlah itu bertambah sekitar 180 ribu orangbila dibanding angkatan kerja pada Agustus 2012 laluyang hanya 6,13 juta orang. Sementara penduduk yang bekerja pada Agustus 2013 mencapai 5,90 juta orang atau mengalami peningkatan sekitar 148 ribu orang dibanding Agustus 2012yang mencapai 5,75 juta orang. Kondisi itu membuat jumlah pengangguran terbuka juga mengalami peningkatan dari sebesar 32 ribu orang dari 380 ribu orang pada Agustus 2012 menjadi 412 ribu orang pada Agustus 2013.

Lebih lanjut Ateng memaparkan pekerjaan yang paling banyak menyerap tenaga kerja di Sumatera Utara adalah sektor pertanian. Jumlahnya pada Agustus 2013 lalu telah mencapai lebih dari 2,5 juta orangatau sekitar 43 persen dari total tenaga kerja di Sumut. Lalu dilanjutkan dengan sektor perdagangan dan restoran yang menyerap lebih dari 1,1 juta tenaga kerja atau sekitar 19 persen dari total pekerja Sementara untuk sektor industri maupun sektor jasa kemasyarakatan sosial dan perorangan hanya berada di kisaran 400 – 900 ribu pekerja. Meski begitu jika dilihat dari pertumbuhannya sektor jasa kemasyarakatan sosial dan perorangan mengalami pertumbuhan paling signfikan sedangkan sektor Industri justru mengalami perlambatan.

Tercatat selama periode Agustus 2012 hingga Agustus 2013 Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja mengalami peningkatan dari 6,2 persen pada Agustus 2012 menjadi 6,53 persen pada Agustus 2013. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in