Home | Jurnal Medan | Perusahaan Abaikan UU Ketenagakerjaan Didenda Rp.50 Juta

Perusahaan Abaikan UU Ketenagakerjaan Didenda Rp.50 Juta

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kementerian Ketenagakerjaan melalui undang-undang nomor 3 tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) mengatur bahwa perusahaan yang tidak mematuhi peraturan tersebut akan dikenakan sanksi denda hingga Rp. 50 juta dan pidana kurungan delapan bulan. Namun sayangnya meski aturan perundang-undangan tersebut sudah jelas justru masih banyak perusahaan industri yang mengabaikannya demi mengejar keuntungan semata.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Medan, Armansyah mengaku telah menurunkan tim Khusus agar perusahaan yang melanggar peraturan tersebut dapat mentaatinya. Dimana saat ini menurut catatan PT Jamsostek, hanya 440 ribu buruh saja, dari jumlah buruh yang bekerja mencapai 1.678 juta yang tercover dalam layanan jaminan kesehatan.

Untuk meningkatkan kesadaran perusahaan dalam menjamin para tenagakerjanya Disnaker mengaku telah melakukan teguran secara lisan dan tertulis Kepada perusahaan yang nakal. Tidak diketahui jumlah pastinya, namun menurut Arman dari rata-rata pengaduan yang masuk ke Disnaker melalui tim mediator mencapai 20-an pengaduan dimana paling banyak menyangkut Jamsostek, selalu diupayakan untuk dilakukan penyelesaian melalui mediasi kedua belah pihak.

Sementara itu guna meningkatkan kesadaraan perusahaan sistem control dan pengawasan pun terus dilakukan secara berkala.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in