Home | Jurnal Medan | Relokasi Pemukiman, Pemerintah Kota Medan Minta Warga Kooperatif

Relokasi Pemukiman, Pemerintah Kota Medan Minta Warga Kooperatif

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Kota Medan meminta warga di sejumlah wilayah yang tergolong rawan banjir dapat menerima tawaran relokasi yang diajukan pemerintah. Pemerintah berjanji akan menyesuaikan pembangunan Rumah Susun Sewa sesuai dengan kebutuhan warga. Termasuk untuk lokasi Rusunawa yang berdekatan dengan tempat tinggal asal mereka.

Dalam upaya penanganan banjir di Medan Pemerintah Kota Medan berencana melalukan normalisasi fungsi dan struktur daerah aliran sungai. Rencana normalisasi itu berdampak pada kebutuhan akan relokasi permukiman warga khususnya di daerah-daerah bantaran sungai yang merupakan jalur hijau.

Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin mengatakan, pemerintah berharap masyarakat dapat kooperatif dengan mengikuti himbauan pemerintah untuk pindah ke rumah susun sewa yang ada di kawasan Seruai Medan Labuhan. Pemerintah pun berharap relokasi warga dapat dipersiapkan sejak saat ini karena pada tahun depan rencana normalisasi akan berjalan.

Eldin menegaskan, meskipun rumah susun sewa di seruai berjarak cukup jauh dari pemukiman warga saat ini namun penempatan warga di rusun itu hanya bersifat sementara. Karena pemerintah kota bersama kementerian perumahan rakyat tengah berencana membangun rumah susun di lokasi yang tak jauh dari lokasi permukiman warga saat ini. Bahkan rencananya rumah susun baru itu akan dibangun di areal yang sama dengan permukiman warga namun di daerah yang terbilang sedikit jauh dari bibir sungai. Dimana nantinya peruntukkan rumah susun baru itu akan diprioritaskan pada warga. Kendati demikian warga harus terlebih dahulu pindah sehingga proses normalisasi sungai mapun pembangunan rusun dapat dilakukan.

Sikap masyarakat di sekitar bantaran sungai sangat diharapkan untuk kepentingan warga medan secara keseluruhan. Dimana saat ini banyak wilayah di Medan yang selalu terkena banjir akibat sungai yang meluap. Ironisnya wilayah itu menyebar ke seluruh wilayah kota dan dapat melumpuhkan kegiatan perekonomian seperti yang terjadi pada tahun lalu. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in