Home | Jurnal Medan | Indikasi Kartel Tarif Angkutan Di Pelabuhan Belawan Menguat

Indikasi Kartel Tarif Angkutan Di Pelabuhan Belawan Menguat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Komisi Pengawas Persaingan Usaha menggelar sidang keempat terkait indikasi kartel dalam penerapan tarif angkutan di Pelabuhan Belawan. Indikasi kartel yang merupakan investigasi inisiatif KPPU ini menguat ,setelah ditemukannya daftar tarif yang dibuat oleh 15 pihak yang menjadi pelaku bisnis jasa angkutan di Pelabuhan Belawan.

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) optimis dugaan kartel penetapan kesepakatan tarif dilakukan oleh pengusaha jasa angkutan di Pelabuhan Laut Belawan dapat dibongkar. Hal itu seiring dengan terungkapnya keberadaan daftar harga bersama yang dikeluarkan para pengusaha, dalam persidangan KPPU yang digelar di Medan, Senin 21 Oktober 2013.

Investigator KPPU Ridho Pamungkas mengatakan, dari keterangan saksi-saksi yang diperiksa, didapati adanya tabel tariff, yang disepakati bersama oleh para pengusaha. Tabel itu telah cukup kuat untuk membuktikan adanya pelanggaran ketentuan persaingan usaha. Dimana kesepakatan yang terjadi telah membuat para pengguna jasa angkutan pelabuhan kehilangan hak untuk memilih dan melakukan negosiasi tariff.

Dalam persidangan, sejumlah saksi mengaku tarif yang ditetapkan bisa dinegosiasikan dan dapat mengurangi beban para pengguna jasa dengan besaran hingga 15 persen, akan tetapi negosiasi tersebut dinilai tidak menghilangkan unsur kesepakatan penetapan tarif yang dilarang oleh undang-undang. Dalam kasus dugaan kartel penetapan tarif angkutan di pelabuhan belawan ini, 15 pihak menjadi terlapor. 13 Diantaranya pengusaha angkutan sedangkan 2 lainnya merupakan asosiasi. Yakni Organisasi Angkutan Darat - Organda Cabang Belawan, dan Gapeksi. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in