Home | Jurnal Medan | Warga Korban Banjir Akan Direlokasi Ke Rusunawa

Warga Korban Banjir Akan Direlokasi Ke Rusunawa

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Kota Medan bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Kementerian Perumahan Rakyat berencana merelokasi warga dari sejumlah wilayah bantaran sungai yang tergolong langganan banjir ke rumah susun sewa .Relokasi dianggap sebagai solusi paling efektif mengingat penyebab banjir cenderung disebabkan oleh kerusakan lingkungan di wilayah sungai. Selain pemukiman pemko medan juga akan merelokasi fasilitas umum yang berada di kawasan banjir seperti sekolah dan juga puskesmas.

Dalam upaya mengurangi dampak banjir terhadap kehidupan sosial warga kota pemerintah Kota Medan berencana merelokasi sejumlah pemukiman warga yang berada di bantaran sungai ke rumah susun sewa – rusunawa. Relokasi ini dianggap sebagai langkah paling efektif mengingat banjir yang terjadi di Medan disebabkan oleh terganggunya fungsi utama sungai akibat jalur hijau penyokongnya telah beralih fungsi menjadi wilayah permukiman.

Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin mengatakan, Pemko Medan telah berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Kementerian Perumahan. Saat ini, tengah dilakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang terbilang rawan. Hasil pemetaan itu nantinya akan ditindaklanjuti dengan normalisasi fungsi sungai baik dengan restrukturisasi aliran maupun pengerukan sungai. Selain itu hasil pemetaan juga akan digunakan untuk menghitung kebutuhan dalam rencana pembangunan rumah susun sewa di lokasi-lokasi yang tak jauh dari pemukiman warga saat ini.

Dari hasil pemetaan sementara setidaknya ada satu lokasi yang akan direlokasi yakni lokasi bantaran sungai di Kelurahan Sei Mati Kecamatan Medan Maimoon. Masih ada sejumlah lokasi lagi yang masuk dalam daftar . seperti di Kecamatan Medan Polonia Kecamatan Medan Labuhan dan juga Medan Selayang . Selain rumah warga, relokasi juga dilakukan terhadap sejumlah fasilitas umum yang berada di jalur hijau seperti sekolah dan Puskemas. Relokasi sendiri baru akan direncanakan tahun depan, sesuai dengan ketersediaan anggaran Pemko Medan. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in