Home | Jurnal Medan | Wacana Peningkatan Portofolio Migas Nasional Perlu Dipertegas

Wacana Peningkatan Portofolio Migas Nasional Perlu Dipertegas

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Sejumlah kalangan industri di Sumatera Utara mendesak pemerintah untuk segera meningkatkan portofolio migas nasional untuk konsumsi dalam negeri. Peningkatan portofolio itu dinilai penting sebagai stimulus bagi pelaku industri untuk meningkatkan produksinya.

Pemerintah pun sepertinya menanggapi permintaan itu dengan cukup positif . Pemerintah secara nasional bahkan tengah mewacanakan realisasi domestic market obligation produk migas hingga 40 persen, yang selama ini belum terealisasi. Namun sinyalemen yang disampaikan pemerintah itu tidak serta merta mendapat dukungan dari seluruh pihak. Banyak pihak yang menilai jika kebijakan itu direalisasikan, pemerintah harus mempertegas kebijakan itu dengan konfigurasi yang sesuai dengan kebutuhan, dan kondisi kekinian perekonomian nasional.

Pengamat ekonomi Sumatera Utara, Gunawan Benjamin mengatakan ,dalam realisasi kebijakan itu pemerintah harus terlebih dahulu memastikan bahwa pasokan migas tambahan yang akan dialokasikan harus diperuntukkan bagi pelaku industri yang berorientasi ekspor. Karena jika tidak, pengurangan impor sebagai dampak dari peningkatan portofolio itu justru hanya akan menggerus penerimaan devisa negara dan menguntungkan korporasi tertentu. Padahal dampaknya harus ditanggung seluruh masyarakat. Pemerintah pun diminta untuk tidak memberlakukan kebijakan itu dalam waktu dekat karena kebijakan itu tidak akan memberikan dampak cepat terhadap perekonomian. Kebijakan itu justru akan mengganggu pasar keuangan karena akan semakin melemahkan nilai tukar rupiah dan berdampak pada perekonomian secara menyeluruh.

Dalam jangka pendek, Gunawan menyatakan bahwa pemerintah sebaiknya memperbaiki konsumsi dalam negeri yang belakangan ini telah anjlok akibat sejumlah kebijakan pemerintah. Meski akan berdampak pada peningkatan inflasi namun dampaknya masih lebih dapat diterima dibandingkan harus mengorbankan nilai tukar rupiah akibat peningkatan portofolio migas nasional. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in