Home | Jurnal Medan | PT PLN Targetkan 5 Pembangkit Baru Dibangun di Sumbagut

PT PLN Targetkan 5 Pembangkit Baru Dibangun di Sumbagut

By
Font size: Decrease font Enlarge font

PT PLN menargetkan hingga 2017 sudah berhasil membangun lima pembangkit baru untuk kebutuhan pasokan listrik di wilayah Sumatera Bagian Utara, dengan kontribusi pasokan sebesar 2.800 megawatt. Perusahaan plat merah tersebut pun saat ini terus siapkan fasilitas pembangunan jaringan.

Manager Perencanaan PT PLN Sumut, Heri Priambodo mengatakan lima pembangkit tersebut yakni PLTU Nagan Raya sebanyak 2x110 mw, lalu PLTG Arun 200 mw serta PLTU Pangkalan Susu dengan kapasitas 2x200 mw. Kemudian PLTA Asahan III berkapasitas 2x87 mw dan PLTP Sarulla dengan kapasitas 3x110 mw. Nantinya pembangkit tersebut akan berkontribusi sebesar 2.800 mw bagi sistem jaringan listrik sumbagut, meliputi Aceh, Sumatera Utara dan Riau.

Sementara itu dalam pembangunan infrastruktur jaringan tersebut, PLN memiliki sejumlah kendala diantaranya perizinan hingga pembebasan lahan. Salah satunya adalah PLTU Pangkalan Susu, yang direncanakan bisa beroperasi bulan Oktober ini, namun karena masih terdapat sejumlah lahan milik masyarakat yang belum terbebas akibat belum ada kesepakatan harga, sehingag akhirnya molor.

Seperti diketahui, sejak setahun terakhir, persoalan kelistrikan di Sumut kian parah karena kondisi pasokan yang mengalami defisit. Sebab ditengah tingginya pertumbuhan konsumsi listrik di wilayah ini yang mencapai 14 persen per tahun PLN hanya mampu memenuhi sekitar 1.405 MW. Ini berarti terjadi defisit listrik di Sumbagut mencapai 245 MW.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in