Home | Jurnal Medan | Pertumbuhan Wisman Di Sumut Stagnan

Pertumbuhan Wisman Di Sumut Stagnan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara, mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumatera Utara telah mencapai 141 ribu orang hingga Juli 2013 lalu. Jumlah itu meningkat sekitar 4 persen dibandingkan periode Januari-Juli 2012, yang hanya sekitar 136 ribu orang. Namun jumlah tersebut terbilang stagnan jika dibandingkan pertumbuhan kunjungan wisatawan di sejumlah negara tetangga.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sumut, OK Hajizi kepada Smart Fm, Sabtu (21/9/2013) mengatakan, stagnasi pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumut ini, didoromg oleh menurunnya kunjungan wisatawan asal 2 negara utama sumber wisatawan mancanegara sumut, yakni Malaysia dan Belanda. Penurunan itu seiring dengan lesunya kegiatan perekonomian di kedua negara, pasca gejolak perekonomian global yang terjadi beberapa bulan terakhir.

Kunjungan wisatawan asal Malaysia turun lebih 5 persen, dari hampir 81 ribu orang menjadi hanya sekitar 76 ribu orang. Sementara wisatawan asal Belanda turun lebih dari 17 persen, dari 4300 orang menjadi sekitar 3500 orang saja. Hajizi juga mengatakan, faktor pendorong utama yang membuat kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumut tetap tumbuh positif, adalah meningkat sangat signifikannya kunjungan wisatawan asal China dan Jerman. Dimana jumlah wisatawan asal China naik lebih dari 52 persen dari sekitar 3300 orang menjadi lebih dari 5 ribu orang. Sementara wisatawan asal Jerman tumbuh hampir 33 persen dari 1800 orang menjadi hampir 2500 orang. – Wahyudi Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in